Feed atau umpan blog anda berguna untuk memberitahukan kepada pelanggan ketika anda mengupdate blog atau menerbitkan artikel baru. Cara SEO untuk mengelola feed adalah dengan menggunakan feedburner. Feedburner adalah layanan pengelola umpan paling optimal untuk SEO. Selain memberikan informasi tentang konten baru kepada pelanggan, feed juga bisa dimanfaatkan untuk menyebarkan umpan posting ke situs-situs sosial media. Tanpa basa-basi mari kita bahas Cara Mengelola Feed Dengan Feedburner.

Jika anda menggunakan platform blogger/blogspot, biasanya secara otomatis memiliki feed di feedburner. Langsung saja masuk ke Feedburner menggunakan akun google anda.


Setelah blog anda memiliki feed pada feedburner, buat pengalihan agar feed anda sepenuhnya dikelola oleh feedburner.

Cara Mengalihkan Feed Blogger Ke Feedburner

Untuk platform blogger/blogspot, buka menu setelan, lainnya, pada dashboard blogger. Pada kolom Posting URL Pengubahan Arah Feed, masukkan link feedburner anda, lalu simpan.
Simpan setelan, dan secara otomatis umpan berupa feed atom ataupun rss akan diredirect ke feedburner.

Cara Mengalihkan Feed Blog Dengan Hosting Sendiri Ke Feedburner

Buat file hidden bernama .htaccess di folder public_html atau jika sudah ada tambahkan kode berikut.
RewriteEngine on
RewriteCond %{HTTP_USER_AGENT} !FeedBurner    [NC]
RewriteCond %{HTTP_USER_AGENT} !FeedValidator [NC]
RewriteRule ^feed/?([_0-9a-z-]+)?/?$ http://feeds.feedburner.com/caraseo [R=302,NC,L]
Perhatikan yang berwarna merah, sesuaikan dengan feed dan url feedburner blog anda. Selesai, sekarang pelanggan konten anda akan lebih mudah berlanggan menggunakan feed reader ataupun melalui email dari feedburner.