blogcaraseo.blogspot.com

Selasa, 01 Januari 2019

Cara Membuat Akun Google Baru


Google memiliki banyak sekali produk yang sangat bermanfaat. Terutama untuk para pengembang website dan blogger.
Mulai dari fasilitas email gratis, fitur komunikasi, alat-alat webmaster, alat pemasaran, hingga layanan server google cloud.

Untuk megakses semua produk yang disediakan oleh google (utamanya yang gratis), hanya butuh satu akun google. Jadi memiliki akun google sudah menjadi hal yang wajib bagi hampir semua pengguna internet.

Baiklah langsung saja ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat akun google dengan mudah. Tapi sebelumnya mungkin anda butuh nomor ponsel untuk verifikasi dalam pembuatan akun google. Kecuali jika anda membuat dari perangkat android.


Cara Membuat Akun Google Baru di Desktop (PC / Laptop)
Untuk membuat akun google di PC atau laptop, anda bisa membuat langsung dari gmail. Dengan memiliki email google, berarti anda memiliki akun google dan akses ke semua produk google lainnya.

Caranya buka peramban (browser) website anda, lalu di address bar ketikkan www.gmail.com atau klik di sini. Kemudian klik: create an account.

Atau bisa juga langsung lewat halaman akun google, dengan cara ini anda bisa memilih untuk menggunakan email lain tanpa membuat gmail. Tapi dengan cara ini anda tidak bisa membuka gmail jika tidak membuatnya.

Caranya adalah dengan membuka accounts.google.com/signup lewat web browser atau klik di sini.

Isi data diri Anda dengan lengkap pada form yang disediakan. Data diri yang perlu diisi biasanya meliputi nama depan, nama belakang, username, dan password.

Saat anda diminta untuk mengisikankan sebuah username, anda dapat memilih sendiri apa username anda. Nantinya username ini bisa menjadi alamat untuk email anda (misalnya: username@gmail.com).

Jika muncul peringatan That username is taken. Try another. Berarti anda harus memilh username yang lain.

Mengapa hal ini terjadi? Ada beberapa kemungkinan penyebab anda tidak bisa menggunakan suatu username, yaitu:

  • Kemungkinan username yang anda buat sudah digunakan orang lain
  • Username yang anda pilih, mungkin sangat mirip dengan nama pengguna yang sudah ada. Mmisalkan, jika contoh@gmail.com sudah ada, kemungkinan anda tidak dapat menggunakan c0ntoh@Gmail.com
  • Barang kali username anda sama seperti nama pengguna yang sudah pernah dipakai walaupun username tersebut kini sudah dihapus
  • Atau bisa jadi username yang ingin anda pakai sengaja tidak disediakan oleh Google untuk mencegah penyalahgunaan

Bagaimana mengatasi dan memilih username yang tersedia? Untuk solusinya, anda dapat memilih nama lain yang digabungkan dengan angka unik.

FYI: Anda dapat menggunakan tanda titik untuk username. Tetapi tanda titik tidak berpegaruh untuk login. Misalnya nama.saya@gmail.com akan dianggap sama dengan namasaya@gmail.com. Dan anda dapat menggunakan keduanya untuk login pada satu akun yang anda buat.
Klik next dan isi semua form yang masih kosong sesuai dengan data yang dimnta. Biasanya anda diminta untuk mengisi tanggal lahir dan jenis kelamin. Kemudian juga harus mengisikan nomor HP (akan diverifikasi) atau terkadang email lain untuk jaga-jaga jika anda lupa password (bersifat opsional).

Setelah terisi semua tanpa peringatan error, klik next step, akan muncul persetujuan pengguna (user agreement), klik pada I Agree. Centang kotak yang disediakan dan setelah menyelesaikan tahap ini anda sudah memiliki akun google dan coba untuk mengakses gmail.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar yang berkualitas akan mendatangkan trafik bagi anda.